Translate

Minggu, 26 Juni 2016

Analisis Asal Mula Munculnya Bahasa



NO

INDIKATOR TEORI
DESKRIPTOR
1.                
TEKANAN SOSIAL
Teori ini bertolak dari anggapan bahwa bahasa manusia timbul karena manusia primitif dihadapkan pada kebutuhan untuk saling memahami.
2.
TEORI ONOMATOPETIK
Teori ini mengatakan bahwa obyek-obyek diberi nama sesuai dengan bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh obyek-obyek itu.
3.
TEORI INTERYEKSI
Teori ini bertolak dari suatu asumsi bahwa bahasa lahir dari ujaran-ujaran instinktif karena tekanan-tekanan batin, karena perasaan yang mendalam, dan karena rasa sakit yang dialami manusia.
4.
TEORI NATIVISTIK
Teri ini tidak bersifat  imitasi atau inetryeksi. Teori ini didasarkan pada konsep mengenai akar yang lebih bersifat fonetik.
5.
TEORI ‘YO-HE-HO’
Teori ini bertolak dari suatu anggapan bahwa kegiatan otot-otot yang kuat mengakibatkan usaha melalui pernafasan secara keras dan menyebabkan pita suara bergetar dan timbullah bunyi ujaran.
6.
TEORI ISYARAT
Teori ini berdasarkan bahwa tiap perasaan manusia mempunyai bentuk ekspresi yang khusus, yang merupakan pertalian tertentu antara syaraf ‘reseptor’ dan syaraf ‘efektor’.
7.
TEORI PERMAINAN VOKAL
Teori ini mengatakan bahasa timbul sebagai permainan vokal dan organ ujaran mula-mula dilatih.
8.
TEORI ISYARAT  ORAL
Teori ini bertolak dari bahasa isyarat, untuk membuktikan bahwa ketika manusia mulai menggunakan peralatan, tangannya dipenuhi dengan barang-barang itu sehingga tangan tidak bisa digunakan lagi dalam berkomunikasi.
9.
TEORI KONTROL SOSIAL
Teori ini beranggapan bahwa ujaran adalah suatu medium yang besar yang memungkinkan manusia bekerja sama. Bahkan teriakan hewan (cry) dan panggilan (call) mempunyai fungsi sosial.
10.
TEORI KONTAK
Hubungan-hubungan sosial pada makhluk-makhluk hidup memperlihatkan bahwa kebutuhan untuk mengadakan kontak satu sama lain tidak pernah memberi kepuasan antara individu-individu dari tiap species.
11.
TEORI HOCCKETT-ASCHER
Teori ini lebih menyeluruh dengan memperhitungkan evolusi yang dialami oleh manusia. Hasil-hasil penelitian dari bidang lain disusun kembali dalam usaha menerangkan bagaimana terjadinya bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar