SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
============================================================================================================
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/GENAP
Unit : 3
Jenis Teks : Tantangan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis
|
Teks Tantangan:
·
Definisi teks tantangan
·
Struktur isi teks tantangan:
(1) pengantar yang berisi
pernyataan tentang topik yang hendak dibantah (2) argument, memuat rangkaian
bukti atau alasan untuk mendukung bantahan (3) simpulan berupa pernyataan
yang menegaskan bantahan.
·
Fitur bahasa teks tantangan
|
Pertemuan
ke-1
1) Mengamati model teks tantangan dengan cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi teks tantangan.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa teks tantangan.
4) Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks tantangan melalui
diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi struktur isi
dan fitur bahasa teks tantangan dengan teks yang mirip melalui diskusi kelompok.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh
percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-2
1) Mengamati model teks tantangan dengan membacanya secara cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata sulit dalam teks tantangan.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks tantangan, mulai dari
pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.
4) Mengeksplorasi isi teks tantangan yang dibaca melalui diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi isi teks tantangan dengan referensi yang relevan.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi tentang isi teks tantangan melalui presentasi lisan dalam forum
diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-3
1) Mengamati fenomena/pernyataan
yang hendak dibantah dengan membacanya atau mencermatinya secara kritis.
2) Mengeksplorasi secara
kritis fenomena/pernyataan yang hendak dibantah dengan menelusuri berbagai
sumber terpercaya
3) Menyusun hasil eksplorasi
dalam bentuk teks tantangan yang memuat: pengantar yang berisi pernyataan
tentang topic yang hendak dibantah, rangkaian argument pendukung, dan
simpulan yang berisi penegasan terhadap bantahan yang diajukan.
Pertemuan
ke-4
1) Mengamati teks tantangan yang ditulis teman/kelompok lain.
2) Menelaah teks tantangan yang ditulis teman/kelompok lain mulai dari
ketepatan judul, kebenaran pengantar, ketepatan argumen, dan ketepatan simpulan.
3) Mengomunikasikan hasil
telaah kepada penulis
4) Merevisi teks tantangan
sesuai dengan hasil telaah
5) Memublikasikan teks tantangan
di majalah dinding, majalah sekolah, atau blog.
|
Pertemuan
ke-1
Portofolio:
·
Menemukan contoh teks tantangan
·
Mengidentifikasi struktur isi dan fitur bahasa teks tantangan
Pertemuan
ke-2
Tes
tulis: esai dan objektif
·
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks tantangan, mulai dari pertanyaan literal, inferensial,
integratif, dan kritis.
Pertemuan
ke-3
Uji
petik kerja:
·
Menulis teks tantangan
Pertemuan ke-4
·
Menyunting teks tantangan
·
Memublikasikan teks tantangan
|
3 X 4 kali pertemuan X 40’
|
· Contoh teks tantangan dari internet
· Contoh teks tantangan dari media massa
cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
2.3 Memiliki
perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang
tentang suatu masalah
|
|||||
3.1 Memahami teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
|||||
4.1 Menangkap
makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar