SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
============================================================================================================
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/GANJIL
Unit : 1
Jenis Teks : Teks Eksemplum
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa
Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
|
Teks Eksemplum:
·
Definisi teks eksemplum
·
Struktur isi teks eksemplum: (1) tesis/ pernyataan
umum, (2) rangkaian contoh sebagai pendukung tesis, dan (3) simpulan
·
Fitur bahasa
teks eksemplum
|
Pertemuan
ke-1
1)
Mengamati model teks eksemplum dengan cermat.
2)
Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi
teks eksemplum.
3)
Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa
teks eksemplum.
4)
Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks
eksemplum melalui diskusi kelompok.
5)
Mengasosiasi
struktur isi dan fitur bahasa teks eksemplum dengan teks yang mirip melalui
diskusi kelompok.
6)
Mengomunikasikan
hasil diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan
penuh percaya diri.
7)
Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-2
1)
Mengamati model teks eksmplum dengan membacanya
secara cermat.
2)
Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata
sulit dalam teks eksemplum.
3)
Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks
eksemplum, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan
kritis.
4)
Mengeksplorasi isi teks eksplum yang dibaca
melalui diskusi kelompok.
5)
Mengasosiasi isi teks eksemplum dengan referensi
yang relevan.
6)
Mengomunikasikan
hasil diskusi tentang isi teks eksemplum melalui presentasi lisan dalam forum
diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7)
Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-3
1)
Mengamati masalah-masalah yang menjadi
perbincangan di masyarakat, misalnya masalah penerbangan domestik.
2)
Mengajukan pertanyaan tentang masalah yang terjadi dengan penerbangan domestik.
3)
Menyusun tesis
dari hasil pengamatan dan jawaban terhadap pertanyaan, misalnya Penerbangan
Domestik Kita Belum Aman.
4)
Mengekplorasi
tesis dengan serangkaian contoh konkrit/data
5)
Menuliskan
hasil eksplorasi dalam bentuk teks eksemplum utuh, yang memuat tesis,
rangkaian contoh, dan simpulan.
Pertemuan
ke-4
1)
Mengamati teks eksemplum
yang ditulis teman/kelompok lain.
2)
Menelaah teks eksemplum yang ditulis
teman/kelompok lain mulai dari ketepatan judul, kebenaran tesis,kesesuaian rangkaian contoh pendukung tesis, dan
ketepatan simpulan, ejaan, keefektifan kalimat dan paragraf.
3)
Mengomunikasikan
hasil telaah kepada penulis
4)
Merevisi teks
eksemplum sesuai dengan hasil telaah
5)
Memublikasikan
teks eksemplum di majalah dinding, majalah sekolah, atau blog.
|
Pertemuan
ke-1
Portofolio:
·
Menemukan contoh teks eksemplum
·
Mengidentifikasi
struktur isi dan fitur bahasa teks eksemplum
Pertemuan
ke-2
Tes
tulis: esai dan objektif
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksemplum,
mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.
Pertemuan
ke-3
Uji
petik kerja:
·
Menulis teks eksemplum
Pertemuan ke-4
·
Menyunting teks eksemplum
·
Memublikasikan teks eksemplum
|
3 X 4 kali pertemuan X 40’
|
· Contoh teks eksemplum dari internet
· Contoh teks eksemplum dari media massa
cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
2.1
Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam
menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya
masyarakat
|
|||||
1.1
3.1 Memahami teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
1.2
3.2 Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
1.3
3.3 Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
|||||
1.4
4.1 Menangkap
makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
1.5
4.2 Menyusun teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
1.6
4.3 Menelaah dan
merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar