Translate

Minggu, 26 Juni 2016

Silabus Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMP kelas 9 semester 1



SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

Kompetensi Inti          :
KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
              berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
              seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
              abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
              sama dalam sudut pandang/teori.
============================================================================================================
Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semester            : IX/GANJIL
Unit                             : 1
Jenis Teks                    : Teks Eksemplum

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
1.1       Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
Teks Eksemplum:
·         Definisi teks eksemplum
·         Struktur isi teks eksemplum: (1) tesis/ pernyataan umum, (2) rangkaian contoh sebagai pendukung tesis, dan (3) simpulan
·         Fitur bahasa teks eksemplum
Pertemuan ke-1
1)      Mengamati model teks eksemplum dengan cermat.
2)      Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi teks eksemplum.
3)      Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa teks eksemplum.
4)      Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks eksemplum melalui diskusi kelompok.
5)      Mengasosiasi struktur isi dan fitur bahasa teks eksemplum dengan teks yang mirip melalui diskusi kelompok.
6)      Mengomunikasikan hasil diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7)      Menanggapi hasil presentasi secara santun.

Pertemuan ke-2
1)      Mengamati model teks eksmplum dengan membacanya secara cermat.
2)      Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata sulit dalam teks eksemplum.
3)      Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks eksemplum, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.
4)      Mengeksplorasi isi teks eksplum yang dibaca melalui diskusi kelompok.
5)      Mengasosiasi isi teks eksemplum dengan referensi yang relevan.
6)      Mengomunikasikan hasil diskusi tentang isi teks eksemplum melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7)      Menanggapi hasil presentasi secara santun.

Pertemuan ke-3
1)      Mengamati masalah-masalah yang menjadi perbincangan di masyarakat, misalnya masalah penerbangan domestik.
2)      Mengajukan pertanyaan tentang masalah yang terjadi dengan penerbangan domestik.
3)      Menyusun tesis dari hasil pengamatan dan jawaban terhadap pertanyaan, misalnya Penerbangan Domestik Kita Belum Aman.
4)      Mengekplorasi tesis dengan serangkaian contoh konkrit/data
5)      Menuliskan hasil eksplorasi dalam bentuk teks eksemplum utuh, yang memuat tesis, rangkaian contoh, dan simpulan.

Pertemuan ke-4
1)      Mengamati teks eksemplum yang ditulis teman/kelompok lain.
2)      Menelaah teks eksemplum yang ditulis teman/kelompok lain mulai dari ketepatan judul, kebenaran tesis,kesesuaian rangkaian contoh pendukung tesis, dan ketepatan simpulan, ejaan, keefektifan kalimat dan paragraf.
3)      Mengomunikasikan hasil telaah kepada penulis
4)      Merevisi teks eksemplum sesuai dengan hasil telaah
5)      Memublikasikan teks eksemplum di majalah dinding, majalah sekolah, atau blog.





Pertemuan ke-1
Portofolio:
·         Menemukan contoh teks eksemplum
·         Mengidentifikasi struktur isi dan fitur bahasa teks eksemplum












Pertemuan ke-2
Tes tulis: esai dan objektif
·         Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksemplum, mulai dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.









Pertemuan ke-3
Uji petik kerja:
·         Menulis teks eksemplum















Pertemuan ke-4
·         Menyunting teks eksemplum
·         Memublikasikan teks eksemplum

3 X 4 kali pertemuan X 40’


















· Contoh teks eksemplum dari internet
· Contoh teks eksemplum dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
2.1  Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya masyarakat

1.1       3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
1.2       3.2 Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
1.3       3.3 Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
1.4       4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
1.5       4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
1.6       4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar