SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
============================================================================================================
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/GENAP
Unit : 4
Jenis Teks : Rekaman percobaan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
Teks
Rekaman percobaan:
·
Definisi teks rekaman
percobaan
·
Struktur isi teks rekaman
percobaan: (1) pendahuluan: latar
belakang, masalah, dan tujuan (2) landasan teori/kajian pustaka (3) metode
penelitian, (4) paparan data dan hasil percobaan, dan (5) simpulan
·
Fitur bahasa teks rekaman percobaan
|
Pertemuan
ke-1
1) Mengamati model teks rekaman percobaan dengan cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi teks rekaman
percobaan.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa teks rekaman
percobaan.
4) Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks rekaman percobaan
melalui diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi struktur isi
dan fitur bahasa teks rekaman percobaan dengan teks yang mirip melalui diskusi kelompok.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh
percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-2
1) Mengamati model teks rekaman percobaan dengan membacanya
secara cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata sulit dalam teks rekaman
percobaan.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks rekaman percobaan, mulai
dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.
4) Mengeksplorasi isi teks rekaman percobaan yang dibaca melalui
diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi isi teks rekaman percobaan dengan referensi yang relevan.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi tentang isi teks rekaman percobaan melalui presentasi lisan dalam
forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-3-4
1)
Mengamati fenomena di sekitar untuk
menentukan masalah penelitian
2) Mengeksplorasi secara
kritis fenomena yang hendak diteliti dengan menelusuri berbagai sumber terpercaya
3) Menyusun hasil eksplorasi
dalam bentuk proposal penelitian.
4) Melaksanakan
percobaan/penelitian sesuai dengan proposal yang telah disusun
·
Mengomunikasikan hasil penelitian melalui laporan penelitian, yang
memuat: (1) pendahuluan: latar belakang, masalah, dan tujuan (2) landasan
teori/kajian pustaka (3) metode penelitian, (4) paparan data dan hasil
percobaan, dan (5) simpulan
Pertemuan
ke-5
1) Mengamati teks
laporan penelitian yang ditulis teman/kelompok lain.
2) Menelaah teks laporan penelitian yang ditulis
teman/kelompok lain mulai dari ketepatan judul, pendahuluan, kajian pustka, metode, data
dan hasil percobaan, dan simpulan.
3) Mengomunikasikan hasil
telaah kepada penulis
4) Merevisi teks rekaman
percobaan sesuai dengan hasil telaah
5) Memublikasikan teks laporan
penelitian melalui seminar, atau dipajang di majalah dinding, majalah
sekolah, atau blog.
|
Pertemuan
ke-1
Portofolio:
·
Menemukan contoh teks rekaman
percobaan
·
Mengidentifikasi struktur isi dan fitur bahasa teks rekaman percobaan
Pertemuan
ke-2
Tes
tulis: esai dan objektif
·
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks rekaman percobaan, mulai dari pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan kritis.
Pertemuan
ke-3-4
Uji
petik kerja:
·
Menulis teks rekaman
percobaan
Pertemuan ke-5
·
Menyunting teks rekaman
percobaan
·
Memublikasikan teks rekaman
percobaan
|
3 X 4 kali pertemuan X 40’
|
· Contoh teks rekaman percobaan dari
internet
· Contoh teks rekaman percobaan dari media
massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
2.4 Memiliki rasa
percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali
kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
|||||
3.1 Memahami teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
|||||
4.1 Menangkap
makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar