SILABUS MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
============================================================================================================
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : IX/GANJIL
Unit : 2
Jenis Teks : Tanggapan Kritis
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi
lisan dan tulis
|
Teks Tanggapan Kritis:
·
Definisi teks tanggapan
kritis
·
Struktur isi teks tanggapan
kritis: (1) resume/ sinopsis dari
isi teks yang hendak ditanggapi, (2) deskripsi
kelebihan/ke-kurangan teks, (3) judgment
berupa penilaian menyeluruh terhadap kualitas teks.
·
Fitur bahasa teks tanggapan kritis
|
Pertemuan
ke-1
1) Mengamati model teks tanggapan kritis dengan cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan struktur isi teks tanggapan
kritis.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan fitur bahasa teks tanggapan
kritis.
4) Mengeksplorasi struktur isi dan fitur bahasa teks tanggapan kritis
melalui diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi struktur isi
dan fitur bahasa teks tanggapan kritis dengan teks yang mirip melalui diskusi kelompok.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi. melalui presentasi lisan dalam forum diskusi kelas dengan penuh
percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-2
1) Mengamati model teks tanggapan kritis dengan membacanya secara cermat.
2) Mengajukan pertanyaan terkait dengan kata-kata sulit dalam teks tanggapan
kritis.
3) Mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks tanggapan kritis, mulai
dari pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis.
4) Mengeksplorasi isi teks tanggapan kritis yang dibaca melalui diskusi kelompok.
5) Mengasosiasi isi teks tanggapan kritis dengan referensi yang relevan.
6) Mengomunikasikan hasil
diskusi tentang isi teks tanggapan kritis melalui presentasi lisan dalam
forum diskusi kelas dengan penuh percaya diri.
7) Menanggapi hasil presentasi secara santun.
Pertemuan
ke-3
1) Mengamati teks
yang hendak ditanggapi dengan membacanya secara kritis.
2) Mengajukan pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan teks yang hendak
ditanggapi.
3) Mengeksplorasi kelebihan
dan kekurangan teks melalui diskusi kelompok.
4) Menyusun hasil eksplorasi
dalam bentuk teks tanggapan kritis yang memuat: synopsis/resume, deskripsi
kelebihan dan kekurangan, dan judgment tentang kualitas teks secara
menyeluruh.
Pertemuan
ke-4
1) Mengamati teks tanggapan kritis yang ditulis teman/kelompok lain.
2) Menelaah teks tanggapan kritis yang ditulis teman/kelompok lain mulai
dari ketepatan judul, kebenaran sinopsis,ketepatan deskripsi
kelebihan/kekurangan teks, dan ketepatan judgment/penilaian.
3) Mengomunikasikan hasil
telaah kepada penulis
4) Merevisi teks tanggapan
kritis sesuai dengan hasil telaah
5) Memublikasikan teks tanggapan
kritis di majalah dinding, majalah sekolah, atau blog.
|
Pertemuan
ke-1
Portofolio:
·
Menemukan contoh teks tanggapan
kritis
·
Mengidentifikasi struktur isi dan fitur bahasa teks tanggapan kritis
Pertemuan
ke-2
Tes
tulis: esai dan objektif
·
Menjawab pertanyaan
tentang isi teks tanggapan kritis, mulai dari pertanyaan literal,
inferensial, integratif, dan kritis.
Pertemuan
ke-3
Uji
petik kerja:
·
Menulis teks tanggapan
kritis
Pertemuan ke-4
·
Menyunting teks tanggapan
kritis
·
Memublikasikan teks tanggapan
kritis
|
3 X 4 kali pertemuan X 40’
|
· Contoh teks tanggapan kritis dari
internet
· Contoh teks tanggapan kritis dari media
massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
2.2 Memiliki
perilaku cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat
Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
|
|||||
3.1 Memahami teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3
Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
|||||
4.1 Menangkap
makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks
eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan
kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar